Obat Diabetes Herbal: Daun Insulin (Tithonia diversifolia

Tanaman yang berasal dari meksiko yang memiliki sebutan di Indonesia yaitu rondo semoyo, kembang bulan, dll. Beberapa penelitian di luar negeri seperti Toshihiro Mura dkk dari Departement of Clinical Nutrition, Suxuka, University of Medical Sdence, Jepang tahun 2005. Bahwa ekstrak ethanol daun insulin pada tikus penderita Diabetes militus tipe 2 memiliki berat badan 20-25 gram. Konsentrasi larutan yang digunakan yaitu 100 mg/kg, 500 mg/kg, dan 1.500 mg/kg berat badan.
23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri
Sebagai control digunakan tikus yang diberi air destilasi 20 ml/kg. Kadar gula dalam tikus diukur tiap minggu. Hasilnya kadar gula darah tikus mengalami penurunan secara signifikan. Semakin tinggi ekstrak etanol maka semakin tinggi pula penurunannya.  Sedangkan cara membuat obat diabetes militus dari daun insulin adalah 
  • Ambil 10 Lembar daun insulin (bisa daun segar ataupun daun yang kering) 
  • Rebus dalam 4 gelas air 
  • Biarkan rebusan sampai tersisa 3 gelas
  • Diminum saat hangat atau dingin. Ampas sisa rebusan dapat direbus kemblai hingga warna bening.
Untuk penyembuhan jamu daun insulin dapat dikonsumsi 3x sehari (setiap minum 1 gelas). Jika gula darah sudah turun frekuensi konsumsi jamu bisa dikurangi menjadi 2x sehari dan 1x sehari. Rutin memeriksa kadar gua darah sangat penting dilakukan untuk mengontrol gula darah. Pengobatan diabetes militus dengan jamu daun insulin harus dibarengi dengan diet gula.

Comments

Popular posts from this blog

Obat Diabetes Herbal: Kumis Kucing (Orthosiphon Stamineus)