Obat Diabetes Herbal: Jahe (Zingiber Offcinale Rosc)

Jahe telah dikenal bermanfaat sebagai minuman penghangat badan, dan digunakan masyarakat sebagai bumbu masakan, pemberi aroma roti dan kue. Jahe memiliki kandungan aktif yaitu oleoresin. Oleoresin adalah campuran minyak atsiri sebagai pembawa aroma dan sejenis dammar sebagai pembawa rasa. Oleoresin mengandung komponen gingerol, paradol, shogaol, zingerone, resin dan minyak atsiri (Ramadhan, 2010). 
23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri
Secara tradisional ekstrak jahe digunakan sebagai obat sakit kepala, obat batuk, masuk angina, gangguan pada saluran pencernaan, stimulant, diuretic, rematik, menghilangkan rasa sakit, obat anti mual dan mabuk perjalanan, karminatif (mengeluarkan gas dari perut) dan sebagai obat luar untuk mengobati gatal digigit serangga, kesleo, bengkak serta memar (Shukla and Singh, 2007). Berbagai penelitian membuktikan bahwa jahe mempunyai sifat anti oksidan dan anti kanker. Selain itu, jahe mampu menaikkan aktivitas salah satu sel darah putih, yaitu sel natural killer (NK) dalam melisis sel targetnya yaitu sel tumor dan sel yang terinfeksi virus (Zakaria dan Rajab, 1999). Pengolahan jahe sebagai obat yang berupa minuman penghangat badan dan biasa diminum pada saat demam dikenal sebagai wedang jahe. Cara pembuatan wedang jahe adalah sebagai berikut…
  • Siapkan seruas jari rimpang jahe yang sudah tua. 
  • Cuci bersih tapi jangan dikupas kulitnya, lalu tiriskan atau angin-anginkan supaya agak kering
  • Bakarlah jahe di atas api seperti membakar sate hingga benar-benar matang, yaitu sudah agak berubah warna dan kulitnya agak gosong.
  • Setelah dibakar, jahe dimemarkan 
  • Masukkan ke gelas lalu seduh dengan air panas, tambahkan gula merah, madu atau gula batu secukupnya. Khusus madu jangan dimasukkan pada saat air masih panas tapi dimasukkan ketika air sudah hangat-hangat kuku. 
  • Wedang jahe siap dinikmati.

Comments

Popular posts from this blog

Obat Diabetes Herbal: Kumis Kucing (Orthosiphon Stamineus)